Seberapa Penting Diklat dan Bimtek untuk Aparatur Pemerintahan

Seberapa Penting Diklat dan Bimtek
Gambar hanya Ilustrasi. Bimtek/Diklat Perpajakan. Sumber: www.bimtekdiklatpemda.com

Bimtek maksudnya adalah sebuah pelatihan bimbingan teknis dalam menjalankan suatu kebijakan agar sesuai dengan yang diharapkan. Sementara Diklat adalah Pendidikan dan Pelatihan, agar Sumber Daya Manusia yang menjalankan sebuah program kebijakan bisa berjalan dengan baik.

Sebenarnya jika perhatikan berdasarkan tujuannya tentu ini harusnya cukup baik dan sangat bermanfaat. Namun kita juga harus melihat dari sisi lain, karena bagaimana pun juga Aparatur Pemerintahan harus bekerja semaksimal mungkin untuk negara dan bangsanya. Jangan sampai Aparatur Pemerintahan sibuk dengan Diklat dan Bimtek, tapi lupa dalam menjalankan sebaik mungkin.

Jangan sampai Diklat atau sejenisnya hanyalah sebuah formalitas untuk menghabiskan anggaran dana tahunan sebuah lembaga, namun harus juga disesuaikan dengan kebutuhannnya.

Diklat Tepat dan Sesuai Kebutuhan.

Hal yang harus diperhatikan adalah melakukan Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan nya agar dana yang dikeluarkan tidaklah dianggap sia-sia.

Sekarang banyak bukan kita menemukan ada lembaga ini lembaga itu yang melakukan Diklat dan Bimtek di Balai Pelatihan tertentu dengan anggaran dana sekian rupiah. Selain memperhatian kebutuhan akan lebih baik jika itu juga benar-benar tepat sehingga tujuan dari sebuah Pendidikan dan Pelatihan bisa benar-benar maksimal dan tidak sia-sia.

Seberapa Penting Diklat dan Bimtek.

Jika pertanyaan nya seberapa penting kah Diklat dan Bimtek untuk Aparatur Pemerintahan? Mungkin jawaban nya sangat penting, ini agar Aparatur Pemerintahan juga memiliki SDM yang baik tentunya.

Kita banyak menemukan sejumlah Info Bimtek yang disediakan oleh sejumlah lembaga-lembaga Balai Pendidikan dan Pelatihan, entah milik negara maupun lembaga milik swasta. Mereka menyediakan informasi-informasi penting tentang Pendidikan dan Pelatihan yang bisa di ambil, setidaknya ini lebih baik. Dengan begitu kita bisa tahu Pendidikan dan Pelatihan atau Bimbingan Teknis yang seperti apa yang sesuai.

Manfaat Pendidikan dan Pelatihan.

Dalam setiap aktifitas organisasi, pasti memiliki sasaran dan arah yang dituju, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Arah yang dituju merupakan rencana yang dinyatakan sebagai hasil yang harus dicapai. Manfaat dan dampak yang diharapkan dari pendidikan dan pelatihan harus dirumuskan dengan jelas serta tidak mengabaikan kesanggupan dan kemampuan perusahaan.

  • Meningkatkan stabilitas pegawai.
  • Memperbaiki cara kerja pegawai.
  • Mampu bekerja lebih efektif dan efisien.
  • Meningkatkan keahlian dan produktifitas kerja.
  • Mengurangi timbulnya kecelakaan kerja.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab.
  • Meningkatkan semangat dan kecakapan bekerja.
  • Kesempatan untuk mengembangkan diri sendiri dengan mengeluarkan segala potensi yang dimiliki.
  • Mampu melaksanakan tugas dengan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *