Pengertian Influencer Marketing dan Cara Kerjanya

Pengertian Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah sebuah upaya memasarkan sebuah produk atau mempromosikan sebuah brand kepada public dengan cara bekerja sama dengan sejumlah orang yang memiliki follower besar. Influencer bukanlah orang biasa, melainkan mereka yang memiliki fans atau follower tersendiri, biasanya mereka memiliki pengaruh yang kuat buat fans atau follower mereka.

Influencer Marketing dewasa ini di anggap memiliki kelebihan tersendiri selain pemasaran secara umum. Target mereka jelas sesuai dengan influencer nya. Misalkan artis, tokoh, atau orang yang mempunyai keunikan tersendiri. Biasanya pemilik brand atau produk akan melihat fashion influencer yang akan di ajak bekerja sama. Sebuah brand akan melakukan kerja sama mempromosikan produk atau branding mereka setelah melihat dan menghitung kemungkinan pengaruhnya kepada followernya.

Cara Kerja Influencer Memasarkan Produk.

Untuk memahami cara kerja influencer marketing online sebenarnya cukup dengan memahami tentang pengertian influencer marketing itu sendiri. Sebagaimana yang kita pahami, ini adalah sebuah metode sederhana yang sebenarnya sudah lama dilakukan oleh sejumlah perusahaan kenamaan. Mereka mengganding sosok yang di anggap mampu mempengaruhi opini publik, dari kalangan artis, tokoh, dll.

Cara melakukan pemasaran cukup halus jika dibadningkan dengan teknik promosi secara umum, dimana biasanya seseorang menawarkan atau memperkenal secara gamblang sebuah produk tertentu.

Dalam metode influencer marketing, sosok influencer tidak harus menawarkan atau memperkenalkan sebuah produk. Namun hanya menunjukan bahwa dia menggunakan produk tersebut, di tambah dengan sedikit narasi positif tentang produk tersebut.

Misalkan: di sebuah pantai saat saya berphoto di bawah terik matahari yang mungkin akan sedikit panas, sambil menenteng sebotol minuman segar. Photo tersebut saya upload ke akun media saya di sertai dengan narasi “Panas guys…. menikmati keindahan pantai. Untung ada minuman ***menyebutkan merek tertentu** jadi ada segar-segarnya juga.”

Nggak ada terlihat unsur promosinya bukan? tapi dibalik semua itu ada yang tersembunyi, dimana saya berusaha mempengaruhi orang yang lain yang mengikuti akun media sosialnya untuk membawa minuman tersebut saat berliburan ke pantai.

Mungkin itu jika dilakukan oleh orang biasa nggak begitu pengaruh juga, tapi bagaimana jika dilakukan oleh mereka yang memiliki pengikut or follower yang loyal, semisal: artis atau tokoh. Tentu menjadi beda lagi cerita lagi. Apalagi interaksi melalui komentar follower yang cukup beragam. Misalkan: “woww minum itu juga ya. dll”.

Perkembangan Platform Influencer Marketing

Jika dulu sebuah produk online dipasarkan dengan mengandalkan layanan iklan, promosikan secara mandiri. Namun kini ada banyak cara, trik pemasaran online semakin berkembang dengan seiring jaman yang terus berkembang. Misalkan dengan memanfaatkan influencer marketing online.

Potensi influencer marketing semakin berkibar, sekarang pemasaran melalui influencer menjadi trend tersendiri. Bukan tanpa alasan, bahkan dengan memanfaat keberadaan blogger, influencer, selegram, dll yang memiliki follower ribuan dianggap efektif. Banyak pemilik branding yang mulai mencoba influencer marketing online.

Kita bisa coba Sosiago influencer marketing lokal yang juga mulai banyak dibicarakan oleh orang. Dulu namanya iblogmarket, namun kini mereka melakukan rebranding ulang dengan mengusung nama Sosiago. Bukan hanya pemilik branding atau pengiklan, namun para influencer juga memanfaatkan nya untuk menambah penghasilan mereka. Jadi kenapa kita tidak mencoba platform influencer marketing lokal, jika memang itu bisa menguntungkan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *